K@y@ng Herman, "Ada Apa Hari Ini?"

"Mari Kita Berbagi Bersama"

TIP PRAKTIS


1. Agar Flash-disk Terhindar dari Virus

Dahulu pada masa awal flash-disk muncul ada tipe flash disk yang menggunakan switch read-only; artinya kalau kita ada di komputer publik yang rentan terhadap virus; kita memakai fitur read-only ini; sehingga virus tidak bisa melakukan penularannya.

Tetapi belakangan sangat sulit menemukan flash disk dengan switch spt ini; buat saya solusi termudahnya adalah selalu menggunakan kompresi pada file-file sebelum disimpan dalam flash-disk; misal menggunakan WinZip, 7-Zip dsb. Copykan juga instalasi programnya di flash disk sehingga jika kompie lain tidak menggunakan ini bisa kita install dulu;

Cara pakainya adalah selalu melakukan editing dari Hard-drive, bukan direct dr Flash Disk. Setelah selesai editing baru copykan file tsb ke Flash-disk dalam bentuk format kompresi dijadikan satu dengan yang lama. Pada saat hendak memakai file tersebut di kompie lain; Copy dulu file kompresi tersebut ke hard-disk kompie itu; dan un-kompres, baru lakukan edit di Hard-disk. Begitu seterusnya.

Tips penting hindari Virus Flash-Disk: Setting komputer Anda untuk tidak selalu membuka (Open File) di flash-disk secara otomatis; ini yang menularkan virus dr Flash Disk ke PC Anda. Caranya: Cari di google: “How to Disable Disk AutoRun in XP”.

2. Merawat Baterai Laptop

, Notebook kini kerap menjadi piranti pilihan banyak orang untuk membantu berbagai aktifitas sehari-hari. Meskipun demikian, ternyata tak semua pemilik ataupun pengguna notebook tahu bagaimana memperlakukan notebook dan baterainya dengan baik dan benar.

Komisi Keamanan Produk Konsumer Amerika telah mencatat setidaknya tak kurang dari 47 kasus notebook yang berasap atau terbakar, sejak Januari 2001 hingga Agustus 2006. Demikian seperti dikutip detikINET dari InfoZine, Minggu (1/10/2006) :

Berikut ini beberapa tips yang diramu dari lansiran komisi tersebut:

- Jangan gunakan baterai dan charger notebook yang tidak kompatibel. Jika tidak yakin dengan kompatibilitas baterai pengganti ataupun charger yang digunakan, hubungi bagian layanan dari produsen notebook terkait.

- Baterai notebook dapat menjadi panas dalam pemakaian normal sekalipun. Jangan gunakan notebook sambil diletakkan di pangkuan Anda.

- Ketika menggunakan notebook, hindari meletakkan notebook pada permukaan yang lunak / lembut, semisal pada sofa, tempat tidur atau karpet. Sebab permukaan seperti itu akan menghambat aliran udara di bagian bawah notebook dan dapat menimbulkan overheating.

- Cegah terjadinya kontak pada dudukan baterai yang longgar dengan berbagai jenis obyek terbuat dari metal, seperti penjepit kertas, koin tipis, dan sebagainya.

- Baterai notebook, termasuk notebook itu sendiri tentunya, jangan sampai terjadi tekanan yang berlebihan yang diakibatkan karena terjatuh, terbentur, terhimpit ataupun tertumpuk oleh benda berat di atasnya. Hal tersebut akan mengakibatkan sirkuit di dalam baterai menjadi rentan terjadi hubungan arus pendek (korslet) yang kemudian mengakibatkan overheating.

- Jangan letakkan notebook di aera yang dapat menjadi sangat panas, semisal di bawah terik matahari ataupun di dalam mobil yang diparkir cukup lama di tempat terbuka saat siang hari.

- Menjadi basah atau terkena air, adalah hal yang harus dihindari dari notebook ataupun baterainya. Meskipun nantinya akan mengering dan dapat berfungsi normal, sirkuit di dalam notebook ataupun baterai secara perlahan akan berkarat dan membuat rentan keselamatan penggunanya.

- Pastikan Anda memahami cara menggunakan, menyimpan dan men-charge baterai dan notebook yang telah tertulis di dalam buku manual.

3. Mengeringkan Ponsel dengan Beras

Sabtu, 05 Desember 2009 | 22:39 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta – Ponsel Anda pernah kecemplung dalam air atau basah karena kehujanan? Jangan buru-buru membawanya ke pusat perbaikan. Sebab, ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membuatnya kering luar-dalam seperti sediakala, yaitu menggunakan beras.

Jika suatu saat ponsel Anda basah terkena air, segera matikan ponsel dan lepaskan baterai beserta kartu SIM-nya. Ambil beras dan tempatkan dalam sebuah mangkuk atau wadah, lalu benamkan ponsel itu ke dalamnya. Beras akan berfungsi seperti gel silika, yang akan menyedot dan menyerap kelembapan. Biarkan beberapa jam untuk memastikan ponsel itu kering. Jika ponsel telah kering sepenuhnya, pasanglah kembali baterai dan cobalah hidupkan ponsel Anda.

Untuk mengeringkan ponsel basah, hindari pemakaian panas yang berlebihan. Seperti menggunakan pengering rambut (hair dryer), panas lampu, atau dijemur di bawah sinar matahari secara langsung. Cara-cara tersebut bisa merusak komponen dan konektor pada ponsel. Cara ideal untuk mengeringkan ponsel adalah menggunakan kompresor udara bertekanan rendah atau vacuum cleaner.


DIAN YULIASTUTI | ZONA PONSEL

4. Mengurangi Kadar Keasinan Ikan Asin

Sering sekali kita beli ikan asin mentah, ternyata setelah digoreng, aduu….. mak, asin bange….et. Akhirnya ikan asin itu kita beri dengan si meong, pus….pus…eit. ternyata dia juga kagak mau. Bagaimana solusinya?. Setelah dikupas sisik dan buang kotorannya, rendamlah ikan asin dengan AIR GARAM dengan waktu di atas 15 menit, semakin lama, semakin tawar.

Welah… welah….. tambah asin nih,  jawabnya, “Tidak”, tidak percaya? cobalah.

                                                                      5. Otomatis Membersihkan Tong Sampah
Banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan saat mengelola e-mail. Membalas e-mail, meneruskan, menghapus, membuat e-mail baru, dan berbagai aktivitas lainnya.

Saat menghapus e-mail, surat elektronik tersebut akan dimasukkan ke folder Deleted items, tidak langsung dibuang. Folder ini berfungsi bak Recycle Bin di desktop Windows. Semua e-mail yang nangkring di Deleted Items akan terus ada di sana kalau tidak Anda utak-atik. Akibatnya, hard disk jadi boros karena ruang yang ada dipakai oleh e-mail sampah.

Untuk membuat supaya Outlook 2010 membersihkan tong sampahnya secara otomatis saat jendela Outlook ditutup, simak cara ini.
1. Klik “Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Outlook 2010”.

2. Klik tab “File”, lalu pilih “Options”.

3. Di jendela Outlook Options, pilih menu “Advanced” di bagian kiri jendela.

4. Di bagian kanan bakal muncul menu “Options for working with Outlook”. Carilah grup “Outlook start and exit”.

5. Berikan tanda cek di depan opsi “Empty Deleted Items folders when exiting Outlook”.

6. Tekan “OK” untuk menyimpan perubahan

6. Mencetak Daftar E-mail

Ingin mencetak e-mail? Itu perkara mudah. Tinggal pilih saja e-mail mana yang mau dicetak, klik kanan, lalu pilih Quick Print. Isi e-mail akan langsung dicetak melalui printer.
Tapi bagaimana jika yang ingin Anda cetak adalah daftar e-mail? Ada cara praktis untuk melakukannya.

1. Jalankan Microsoft Outlook 2010.

2. Klik tab “File” di pojok kiri atas layar.

3. Pilih menu “Print” untuk mencetak.

4. Di bagian “Print What”, pilih “Table Style”.

5. Di bagian kanan jendela akan muncul preview hasil cetak yang berisi daftar e-mail. Preview juga menampilkan semua halaman yang akan dihasilkan.

6. Di bagian Printer, pilih printer yang akan digunakan untuk mencetak.

7. Klik tombol “Print” yang ada di bagian atas untuk mulai mencetak.


7. Baca E-mail Seperti Chatting

Kamis, 28 Januari 2010 | 16:52 WIB

Dulu, e-mail lazim ditampilkan satu per satu berdasarkan kiriman yang masuk. Alhasil, Anda akan kesulitan ketika membutuhkan rentetan percakapan yang terkait.
Di Outlook 2010, kelemahan ini telah diatasi. Program ini telah mengadaptasi konsep yang mirip dengan Outlook Mobile yang ada di Windows Phone. Pesan yang terkait bisa ditampilkan berbarengan dalam satu kelompok. Dengan begini, aktivitas e-mail jadi mirip chatting. Kita bisa melihat history percakapan yang telah dilakukan secara instan.
Untuk mengonfigurasi model percakapan baru ala Outlook Mobile ini, ikuti langkah berikut.
1. Jalankan Outlook 2010 melalui menu “Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Outlook 2010”.
2. Klik tab “View”, lalu perhatikan bagian Arrangement. Ada tombol “Conversation” besar dengan segi tiga di bawahnya. Klik tombol tersebut.

3. Pastikan ada tanda cek di depan opsi “Show Message in Conversation”.

4. Berikan tanda cek di depan “Show Messages in Other Folders”. Opsi ini akan membuat Outlook menampilkan pembicaraan yang ada di Sent Item maupun Inbox.

5. Untuk menampilkan semua pembicaraan sekaligus, berikan tanda cek di “Always Expand Conversation”.

6. Sekarang, coba klik salah satu e-mail balasan yang Anda terima. Di bawahnya akan muncul sederetan percakapan melalui e-mail dengan subyek dan topik yang sama.

8. Cara Cepat Merespon E-mail di Outlook 2010
Cara seseorang mengirimkan e-mail mencerminkan kepribadiannya.

Apa saja aksi yang Anda lakukan untuk e-mail yang Anda terima? Selain dibalas, lazimnya surat elektronik tersebut akan diteruskan ke teman atau rekan kerja. Untuk melakukannya, pastinya Anda mesti mengklik Reply atau Forward lalu mengetikkan alamat e-mail tujuan yang sebetulnya itu-itu saja.
Ada lho cara cepat untuk merespon e-mail yang masuk. Begini caranya.
1. Klik “Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Outlook 2010”.
2. Pilih e-mail yang ingin direspon, lalu perhatikan blok Quick Steps yang ada di tab “Home”. Di sana ada opsi Move to, Team E-mail, To Manager, Reply & Delete, dan Create New.

3. Sesuai menu yang ada, klik To Manager untuk mem-forward ke Manager Anda, Team E-mail untuk menyebarkan isi e-mail ke anggota tim, atau Reply & Delete untuk membalas e-mail.

4. Tombol “To Manager”, “Team E-mail”, dan “Reply & Delete” secara otomatis akan membuka jendela baru untuk mengetikkan e-mail balasan atau jendela untuk mem-forward e-mail ke bos yang siap dikirim ke tujuan. Saat pertama kali mengklik tombol “To Manager” atau “Team e-mail”, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat e-mail Manager Anda.

5. Tinggal klik “Send” untuk mengirim e-mail.

9. Pasang Gambar di E-mail

Jumat, 30 Oktober 2009 | 16:17 WIB

Salah satu trik untuk menghemat bandwidth adalah dengan mengirim e-mail dalam bentuk teks murni. Dalam mode ini, email akan dikirim “polos” tanpa embel-embel warna, font, dan sebagainya.

Kalau sudah kadung disetel plain text lalu ingin berkirim e-mail berformat HTML, bagaimana dong? Gampang, ini caranya.
1. Jalankan Microsoft Outlook, klik [New].
2. Masuklah ke tab [Options] lalu pilih [HTML] di bagian “Format”.
3. Lanjutkan mengetik email seperti biasa. Di badan e-mail, bila ingin menambahkan format khusus, masuk saja ke tab [Format] atau [Insert]. Di sana ada segudang fitur untuk mengoptimalkan fitur HTML.


10. Kirim E-mail Pakai Server SMTP Lain

Selasa, 29 September 2009 | 13:22 WIB Enggak semua kantor memberikan akses ke server SMTP kalau orang akses dari luar jaringan lokal. Alhasil, saat kita di rumah, kita enggak bisa mengirim e-mail dengan alamat e-mail kantor. Paling-paling, kita cuma bisa terima saja.

Kenapa sih begitu? Soalnya, SMTP bisa dipakai spammer untuk mengirim spam atau mengebom e-mail ke orang lain dengan ratusan, ribuan, bahkan jutaan e-mail. Kalau server SMTP kita dipakai spammer, yang rugi bukan hanya orang yang diserang. Kita pun rugi. Begitu server kita ketahuan mengirim spam, server kita masuk daftar hitam. Kalau sudah begitu, kita akan sulit mengirim e-mail apapun.

Untuk menyiasati ini, bikin agar kita bisa menggunakan server SMTP dari penyedia jasa internet (ISP) untuk mengirim e-mail. Caranya begini:
1. Pada program Microsoft Outlook klik [Tools] > [Account Settings…]
2. Saat jendela “Accounts Settings” muncul, pilih [New] jika Anda ingin membuat akun baru atau pilih akun dan klik [Change…] jika ingin mengubah akun yang sudah ada.
3. Pada bagian “Incoming mail server (POP3)” isikan alamat POP mail Anda, sedangkan pada “Outgoing mail server (SMTP)” isikan alamat server SMTP dari ISP Anda.
4. Isikan username dan password e-mail Anda pada bagian “Logon Information”.
5. Setelah itu klik [More Settings…]. dan tandai [My outgoing server (SMTP) requires authentication] pada tab [Outgoing server].
6. Kemudian pilih [Log on using] dan isikan username dan password e-mail dari ISP Anda.
7. Jika sudah, klik [OK] > [Next], lalu pilih nama akun yang baru saja Anda buat atau ubah, kemudian klik Set as default, dan klik [Close].

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda sudah bisa mengklik [Reply] untuk membalas e-mail yang Anda terima. Sebagai catatan tambahan: jika server SMTP dari ISP Anda tidak mendukung open relay, alamat e-mail yang ada pada bagian E-mail address di Internet E-mail Settings harus menggunakan alamat e-mail dari ISP dan bukan alamat POP mail.

11. Instal Ulang, E-mail Enggak Hilang

Selasa, 29 September 2009 | 13:14 WIB

Kurang dari sebulan lagi Windows 7 dirilis. Di saat itu, kita merasakan Windows yang benar-benar “fresh”. Tampilan secantik Vista dipadu dengan kecepatan Windows XP. Sebelum instal ulang, baiknya buat cadangan dulu buat data penting — entah itu ditaruh ke CD/DVD atau disalin ke harddisk eksternal.

Backup data sih bisa pakai copy-paste, enggak ada masalah. Tapi, backup e-mail harus pakai cara khusus. Inilah caranya.
1. Buka Microsoft Outlook
2. Klik menu [File], lalu klik [Import and Export...].
3. Pada kotak dialog “Import and Export Wizard”, pilih [Export to a file], lalu klik [Next].
4. Pilih [Personal Folder File (.pst)], lalu klik [Next].
5. Pilih folder yang ingin Anda backup. Jika Anda ingin mem-backup seluruh folder, pilih Personal Folder dan beri tanda centang pada [Include subfolders], lalu klik [Next].
6. Tentukan nama file dan folder tempat hasil backup akan disimpan, lalu klik [Finish].
7. Jika Anda ingin agar file hasil backup Anda aman, beri password pada file tersebut. Jangan lupa untuk memilih option [Compressible Encryption], lalu klik [OK].

Kalau sudah tunggu untuk proses backup. Bila prosesnya sudah selesai, pindahkan file pst ke CD, DVD, atau USB flash disk—pokoknya jangan di partisi sistem operasilah. Kemudian, Anda bisa format hard disk untuk instal Windows 7 dan Office 2007.

Agar e-mail bisa terbaca kembali di Windows 7, lakukan langkah ini:
1. Masuklah Microsoft Outlook
2. Klik menu [File], lalu klik [Import and Export..].
3. Pada kotak dialog “Import and Export Wizard”, pilih [Import from another program or file], lalu klik [Next].
4. Pilih Personal Folder File (.pst), lalu klik [Next].
5. Tentukan nama file dan folder tempat file back-up Anda disimpan, lalu klik [Next].
6. Tentukan di folder mana Anda akan meletakkan file hasil impor, lalu klik [Finish].

sumber: PCplus

12. Bikin Tema E-mail

Rabu, 5 Agustus 2009 | 09:21 WIB

Tahu enggak, kita bisa memberikan sentuhan personal pada e-mail yang kita kirim sesuai dengan kesukaan kita. Misalnya huruf yang kita inginkan untuk e-mail.

Tapi itu sih biasa. Kalau mau sedikit di luar kebiasaan, kita bisa menentukan tema e-mail dengan wallpaper khusus. Nah, dengan begitu, e-mail kita tampil berbeda plus dengan gaya yang kita suka.

Untuk membuat teme e-mail Anda, ikuti langkah-langkah ini.
1. Jalankan Outlook.
2. Pada menu [Tools] Anda klik [Options] dan pada jendela yang muncul, klik tab [General].
3. Kemudian klik [Email Options] dan pada jendela “Email Options”, klik tab [Personal Stationery].
4. Dari kotak “Personal Stationery” inilah Anda dapat melakukan perubahan sesuai dengan kepribadian Anda.
5. Klik tombol [Theme] untuk memilih tema e-mail Anda. Setelah jendela “Themes or Stationery” muncul, tampaklah beberapa pilihan misalnya [Axis], [Bars], dan [Blend]. Bila ternyata tema belum di-instal, Anda harus menyiapkan CD Microsoft Office pada CD/DVD-ROM drive dan klik tombol [Install].
6. Bila sudah menemukan tema yang sesuai, selanjutnya Anda dapat memilih font yang sesuai dengan pilihan Anda. Bila Anda ingin memilih font yang berbeda untuk e-mail baru dan e-mail balasan, klik tombol [Font] di bawah pilihan “New Email Message” dan klik juga tombol [Font] di bawah pilihan “Replying or forwarding Message”.
7. Anda juga dapat mengubah font yang sama untuk e-mail yang Anda kirimkan, baik e-mail baru dan e-mail balasan atau e-mail yang terima dengan mengklik tombol [Font] di bawah pilihan “Composing and reading Plain text message”.

sumber: PCplus

12. Mudah Membuat Tanda Tangan Digital

Di akhir e-mail ada bagian yang disebut “tanda tangan” bukan? Biasanya kita membubuhkan tanda tangan sebagai identitas. Tanda tangan digital bisa berupa teks sederhana yang berisi nama, jabatan, nama perusahaan, bahkan sedikit kutipan kata-kata mutiara.

Sebagian orang masih mengetikkannya tanda tangan digital itu secara manual. Padahal tidak perlu seperti itu. Microsoft Office, khususnya Outlook bisa membuatkannya secara otomatis untuk Anda.

Langkah-langkahnya begini:
1. Jalankan Microsoft Outlook.
2. Klik [Options] pada menu [Tools] dan kemudian klik tab [General].
3. Pada tab [General], klik [Email Options].
4. Pada jendela “Email Options” klik tab [Email Signature].
5. Pada kotak di bawah [Type the title of your e-mail signature or choose from the list], tuliskan nama untuk tanda tangan Anda yang digunakan untuk e-mail.
6. Pada kotak di bawah “Create your e-mail signature”, ketik nama Anda atau masukkan gambar yang menjadi identitas e-mail Anda untuk membedakan dengan e-mail orang lain yang mungkin memiliki nama yang sama dengan Anda.
7. Kemudian klik tombol [Add].
8. Ulangi langkah 1 sampai 6 bila Anda ingin mengganti tanda tangan Anda.
13. Cara Mudah Mem-back-up E-mail

Senin, 6 April 2009 | 11:36 WIB

KOMPAS.com — Karena berbagai sebab, Anda perlu melakukan back-up e-mail. Salah satu alasan mem-back-up e-mail adalah ketika Anda ingin meng-install ulang Windows atau mengantisipasi komputer yang tiba-tiba mogok bekerja.

Untuk melakukan tindakan preventif, ikuti langkah berikut:
1. Buka Microsoft Outlook.
2. Klik menu [File], lalu klik [Import and Export...].
3. Pada kotak dialog Import and Export Wizard pilih [Export to a file] lalu klik [Next].
4. Pilih [Personal Folder File (.pst)], lalu klik [Next].
5. Pilih folder yang ingin Anda back-up. Jika Anda ingin mem-back-up semua folder, pilih Personal Folder dan tandai checkbox Include Subfolders, lalu klik [Next].
6. Tentukan nama file dan folder tempat hasil back-up akan disimpan, lalu klik [Finish].
7. Jika Anda ingin agar file hasil back-up Anda aman atau e-mail yang akan Anda back-up merupakan e-mail penting, berikanlah password pada file tersebut. Jangan lupa untuk memilih opsi [Compressibe Encryption], lalu klik [OK].

Nah, jika suatu hari nanti Anda membutuhkan kembali e-mail-e-mail yang telah di-back-up ke Microsoft Outlook, Anda dapat mencoba langkah berikut:
1 Masuklah Microsoft Outlook.
2 Klik menu [File], lalu klik [Import and Export...].
3 Pada kotak dialog Import and Export Wizard pilih [Import from another program or file] lalu klik [Next].
4 Pilih [Personal Folder File (.pst)], lalu klik [Next].
5 Tentukan nama file dan folder tempat file back-up Anda disimpan, lalu klik [Next].
6 Tentukan di folder mana Anda akan meletakkan file hasil impor tersebut, lalu klik [Finish].

Sumber: PCplus

14. Cegah Penggunaan Identitas Akun E-mail

Kamis, 11 September 2008 | 15:31 WIB

Windows Mail memungkinkan kita untuk mengelola lebih dari satu akun e-mail dengan satu program. Cara mengakses dan fitur yang ditawarkan pun berbeda-beda.

Coba kita lihat setting mail Internet Account di [Tools] > [Accounts...]. Di sini, pengguna dapat memasukkan semua account e-mail yang dimilikinya untuk dikelola melalui Windows Mail. Fitur lainnya Identity, dapat diakses melalui [File] > [Identities] > [Manage Identities...].

Pada dasarnya, kedua fitur di atas sama, yaitu untuk pengelolaan banyak akun e-mail di Windows Mail. Bedanya, fitur ini memungkinkan penggunaan banyak akun pada komputer multi user (banyak pengguna dengan satu PC). Jika mau, Anda bisa memberi password agar orang lain tidak dapat mengakses akun e-mail Anda di Outlook. Dengan begitu, privasi Anda akan lebih terjaga.

Namun apabila Anda memiliki komputer pribadi dan tidak ingin komputer tersebut digunakan oleh orang lain dengan identitas e-mail-nya, Anda dapat menerapkan policy baru pada Windows Anda. Caranya sebagai berikut:
1. Jalankan Group Policy Editor dengan cara mengklik [Start], lalu ketik gpedit.msc.
2. Pada folder Local Computer Policy-User Configuration-Administrative Templates-Windows Components-Internet Explorer- carilah setting Identity manager: Prevent users from using Identities.
3. Klik ganda setting Identity manager: Prevent users from using Identities tadi, kemudian pilih [Enabled].
4. Setelah itu klik [OK] dan tutup jendela Group Policy.

Mulai saat ini, pengguna tidak ada lagi yang bisa membuat, mengubah, atau menghapus identitas. Selain itu opsi [File] > [Switch Identity...] akan dihapuskan.

sumber: PCplus

15. Browsing dan E-mail Tanpa Akses Harddisk

Senin, 30 Juni 2008 | 16:32 WIB

JAKARTA, SENIN – Apa yang biasa Anda lakukan setelah menekan tombol Power pada komputer? Menunggu beberapa menit saat sistem operasi diaktifkan bukan?

Ini tidak perlu terjadi jika motherboard komputer Anda sudah mengemaskan fitur Express Gate. Sekitar lima detik setelah komputer Anda booting, Anda sudah bisa browsing ke Internet. Tidak perlu menunggu sistem operasi aktif terlebih dulu.

“Anda bisa mengirimkan e-mail, ngobrol via messenger (MSN, Google talk, QQ, YM), bercakap-cakap melalui Skype, dan bahkan melihat-lihat foto yang ada di harddisk,” terang Josh Wu (Product Manager, Product Marketing Dept.1, Motherboard Div.1, ASUSTek Computer Inc.). Menikmati video online seperti YouTube maupun mendengarkan radio online pun dimungkinkan. Semuanya tanpa perlu mengakses harddisk komputer yang mengandung sistem operasi.

Untuk mengaktifkan Express Gate mudah saja. Tekan tombol Power pada komputer, pilih konfigurasi BIOS, Tools, Express Gate, dan aktifkan (enable). Setelah itu simpan konfigurasi tersebut. Setelah itu tinggal restart dan komputer akan langsung menyajikan menu Express Gate. Nah, kita tinggal pilih akan melakukan apa. Tentu saja jika ingin ber-Internet, kita perlu mengatur dulu metoda koneksinya (wireless via Wi-Fi, atau melalui LAN).

Yang tidak bisa dilakukan pada saat Express Gate aktif, tutur Josh, adalah menulisi harddisk yang mengandung sistem operasi. “Ini demi alasan keamanan, agar virus tidak dapat masuk,” tukasnya. Namun isi harddisk tetap bisa dibaca, dan disalin ke perangkat lain, seperti USB flash disk.

Express Gate juga tidak menghalangi akses pada perangkat eksternal – USB flash disk, harddisk portabel- atau CD/DVD yang diselipkan ke optical drive komputer. Data dari USB flash disk, harddisk portabel, CD/DVD dapat dibaca dan disalin ke mana pun, kecuali ke harddisk yang dipasangi sistem operasi. Foto yang ada di flash disk misalnya bisa dilihat, dibuatkan slide show, atau di-upload ke Flickr, tanpa mengakses harddisk.

Sementara ini fitur Express Gate masih terbatas pada motherboard Asus seri P5Q (P5Q3 Deluxe/WiFi-Ap @n, P5Q Deluxe, P5Q Premium, P5Q-E, P4QC, dan P5Q PRO) yang mengemaskan fitur Express Gate. “Sangat cocok buat warnet,” komentar Kurniadih Sutanto (Product Manager, Southeast Asia Sales & Marketing Dept. AP & MEA Sales Group, Asus Technology Pte Ltd).

Namun menurut Josh, nantinya sekitar 80% motherboard Asus akan mengusung fitur tersebut. Sebab fitur yang terpasang secara built-in dalam motherboard, jelas Josh, sebenarnya adalah software, alias sistem operasi Linux Device VM Splashtop yang disimpan di dalam memori flash (SSD).  Sebagai informasi seri P5Q yang mengemaskan Express Gate sekarang berada di rentang harga US$ 170 – US$ 500-an. “Nantinya motherboard dengan harga US$ 100-an juga ada Express Gate. Saat ini semua motherboard Asus yang sudah mendukung Express Gate bisa melakukan upgrade,” tambah Kurniadih

WIEK


16. Kirim E-mail tanpa Server SMTP

Senin, 26 Mei 2008 | 10:42 WIB

Layanan e-mail berbasis POP dan SMTP server saat ini semakin sulit untuk didapatkan secara gratis. Padahal layanan tersebut akan sangat efisien jika digunakan untuk membaca dan menulis e-mail secara offline. Namun, sayangnya layanan seperti ini tidak terlalu banyak.

Yahoo.com yang dulu memberikan akses SMTP gratis kini mulai menarik bayaran dari penggunaan server SMTP-nya untuk mengirim e-mail. Pelanggan hanya diperbolehkan mengirim e-mail gratis melalui Web.

Kalaupun Anda mendapatkan akses SMTP secara gratis dari ISP atau kantor, saat tidak ada di kantor, Anda hanya dapat menggunakan POP-nya saja untuk menerima e-mail. Server SMTP untuk mengirim e-mail tidak dapat digunakan. Jika keadaannya demikian, biasanya Anda terpaksa menggunakan e-mail berbasis Web untuk mengirim atau membalas e-mail yang masuk.

Sebetulnya, bila Anda tidak memiliki akses ke server SMTP, Anda bisa membuat server SMTP sendiri. Caranya cukup mudah. Install saja software Local SMTP Relay Server di komputer Anda, kemudian jadikan software tersebut sebagai server SMTP pada aplikasi klien e-mail Anda. Apabila Anda belum memiliki software SMTP ini, silakan download di http://www.getfreefile.com/download/localsrv.zip.

Di sini PCplus anggap Anda menggunakan aplikasi klien e-mail Microsoft Outlook 2007. Apabila Anda menggunakan program lain sebagai aplikasi klien e-mail, Anda dapat menyesuaikannya dengan menu aplikasi yang Anda gunakan.

1. Jalankan program Local SMTP Relay Server dengan mengklik [Start] > [All Programs] > [Local SMTP Relay Server] > [Local SMTP Relay Server].

2. Tentukan port SMTP yang ingin Anda gunakan. Untuk menggunakan port standar (port 25), pilih [Standard SMTP Port]. Apabila Anda ingin menentukan port yang berbeda, pilih opsi [Use Specific Port] dan isikan port yang Anda inginkan. Agar perubahan dapat segera diaplikasikan, klik tombol [Apply].

3. Klik [Start] > [All Programs] > [Microsoft Office] > [Microsoft Office Outlook 2007].

4. Klik [Tools] > [Account Settings...] pada program Microsoft Outlook.

5. Pilih akun yang SMTP-nya ingin Anda ubah, kemudian klik [Change...].

6. Pada bagian Outgoing mail server (SMTP), isikan dengan “localhost” atau “127.0.0.1”.

7. Sekarang, klik tombol [More settings...] kemudian masuklah ke tab [Advanced].

8. Perhatikan pada Server Port Numbers milik Outgoing server (SMTP). Pastikan port yang digunakan sama dengan setting yang telah ditentukan pada program Local SMTP Relay Server.

9. Ubah Server Timeouts yang sebelumnya berada pada posisi 1 minute menjadi 10 minutes.

10. Klik [OK], lalu [Next].

Jika Anda punya akun e-mail lain yang hendak digunakan, ulangi lagi langkah 5 sampai 10. Untuk menutup wizard Change E-mail Accounts klik tombol [Finish].

(sumber: PCplus)

17. 5 ( Lima ) hal wajib baterai HP Tahan Lama

5 Hal Wajib Agar Baterai HP Tahan Lama

Saat ini HP menjadi saalah satu hal yang paling krusial dalam aktivitas kita sehari-hari. Hubungan dengan klien, kerabat, dan keluarga semua bisa diselesaikan dengan satu gadet. Tapi, bagaimana jika baterai HP kamu sering sekali drop di saat yang tidak diinginkan? Untuk itu, sebelum kejadian, ada baiknya kamu lakukan beberapa hal berikut supaya baterai HP kamu bisa tahan lama dan nggak harus drop tiba-tiba.

No signal? Restart your cell phone!

Salah satu faktor yang menyebabkan bateraimu cepat habis adalah kondisi HP yang tidak mendapatkan sinyal. Ketika telepon selularmu nggak mendapatkan sinyal sama sekali maka HP akan terus berusaha mencari sinyal dan dengan demikian HP terus menerus bekerja. Jika kamu mengalami kondisi ini, sebaiknya mulailah untuk restart HP supaya sinyal bisa tertangkap dengan mudah.

Atau jika sinyal tidak juga masuk ketika HP sudah restart berkali-kali sebaiknya matikan dulu HP kamu beberapa saat. Ini dimaksudkan untuk memberikan waktu istirahat pada HP agar bisa bekerja secara optimal ketika kembali dihidupkan.

Matikan fungsi getar pada HP

Untuk mengirit pemakaian baterai, matikan fungsi getar pada HP. Jika tidak berada dalam kondisi yang mengharuskanmu mematikan bunyi HP, nyalakan bunyi HP tanpa menggunakan getar. Getar HP sangat cepat menghabiskan tenaga baterai jika dibandingkan kamu hanya menyalakan ring tone telepon selularmu. Nggak percaya? Coba perhatikan dan hitung berapa lama bateraimu bisa bertahan jika kamu tetap menggunakan fungsi getar.

Matikan koneksi Bluetooth

Kalau nggak perlu, matikan koneksi bluetooth pada teleponmu. Perlu headset? Sebaiknya gunakan headset dengan kabel dibandingkan dengan headset bluetooth. Selain radiasinya tidak baik untuk untuk kesehatan kepalamu, bluetooth juga sangat cepat membuat bateraimu kering. So, kalau nggak perlu-perlu banget, matikan koneksi bluetooth HP kamu.

Animasi gerak untuk background HP? No way!

Kalau kamu ingin menggunakan gambar background pada HP, sebaiknya pilih gambar dengan format JPEG daripada gambar atau animasi dalam format GIF (gambar gerak). Karena gambar gerak yang menjadi background pada HP berarti teleponmu bekerja dua kali lebih keras dan pastinya akan menguras bateraimu lebih cepat. Atau jika bisa, gunakan background satu warna (warna hitam atau lainnya) pada HP.

Charge baterai dengan durasi yang pas

Sering kali baterai bocor dan drop disebabkan durasi pengisian baterai yang terlalu lama dan tidak tepat. Saat mengisi ulang baterai, sebaiknya pastikan kondisi HP dalam keadaan nonaktif (mati). Kondisi HP dalam keadaan mati membuat baterai HP menyerap tenaga dari sumber listrik lebih cepat dan mengisi tenaga dengan sempurna. Sebisa mungkin, charge HP jika baterai memang sudah perlu untuk diisi ulang. Isi baterai HP kamu selama kurang lebih 2 jam (dalam keadaan nonaktif) maka HP-mu sudah siap untuk digunakan kembali.

1 Komentar »

  1. I drop a comment when I like a post on a site or I have something to contribute to the conversation.

    Usually it is triggered by the passion displayed in the article I browsed.

    And after this post TIP PRAKTIS K@y@ng Herman, “Ada Apa Hari Ini?”.
    I was actually moved enough to drop a thought ;-) I do have a few questions for you if you don’t mind. Could it be just me or do a few of these responses come across like they are coming from brain dead individuals? :-P And, if you are writing on other online sites, I’d like to keep up
    with everything fresh you have to post. Could you list every one of all your shared
    sites like your linkedin profile, Facebook page or twitter feed?

    Komentar oleh Att Systems | 26 April 2013 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: