Mahasiswa Akan Kepung Gedung DPR pada 1 Desember


Mahasiswa Akan Kepung Gedung DPR pada 1 Desember
gedung_mpr1.JPG
KOMPAS IMAGES/DHONI SETIAWAN
Gedung DPR
Sriwijaya Post – Kamis, 26 November 2009 11:15 WIB

JAKARTA – Sejumlah tokoh intelektual dan pimpinan ormas pemuda akan bergabung dengan mahasiswa untuk berunjuk rasa di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, pada 1 Desember, untuk mendorong dilakukannya pemberantasan korupsi secara menyeluruh.

Sekretaris Jenderal Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Ton Abdillah, dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (26/11), mengatakan, sejumlah tokoh intelektual, pimpinan ormas, organisasi kepemudaan bersepakat menggelar demonstrasi besar-besaran pada tanggal tersebut.

Mereka yang bersepakat itu adalah para peserta “Mimbar Demokrasi, Selamatkan Indonesia dari Korupsi!” yang diadakan di halaman Gedung Pusat Dakwah Muhamadiyah, pada 23-25 November. Mereka menyatakan akan “mengepung” Gedung DPR saat Sidang Paripurna DPR pada 1 Desember.

Selain itu, kata Ton Abdillah dalam siaran tersebut, pada Hari Anti Korupsi 9 Desember, massa akan menggelar aksi serupa di lapangan silang Monas guna mendorong perubahan untuk Indonesia lebih baik tanpa korupsi.

Sejumlah orator yang menyampaikan keprihatinan dan pandangannya pada acara “Mimbar Demokrasi, Selamatkan Indonesia dari Korupsi!” antara lain Ton Abdillah, Sekjen Presidium GMNI Cokro Wibowo, Sures (Presidium KMHDI), Romo Benny Susetyo, Ray Rangkuti (KOMPAK), dan Abdul Mukti (Direktur CDCC).

Ton Abdillah mengatakan, mimbar kebangsaan digelar sebagai upaya untuk mempersatukan kekuatan kritik yang saat ini sedang tumbuh di tengah kelompok civil society.

Menurut Ton, kegundahan publik atas kasus kriminalisasi KPK dan skandal Bank Century harus disalurkan menjadi energi untuk mendorong perubahan yang lebih nyata dalam tatanan kehidupan bangsa dan negara.

Kasus pelemahan KPK dan skandal Bank Century, katanya, merupakan kejahatan yang harus dilawan tanpa kompromi.

“Uang negara sebesar Rp 6,7 triliun yang digunakan dalam bailout Bank Century harus dikembalikan dan semua aktor yang terlibat dihukum seberat-beratnya. Mahasiswa dan rakyat tidak akan berhenti mendesak institusi-institusi terkait dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mengusut kedua kasus ini hingga tuntas,” kata Ton.

Ant

http://www.sripoku.com/view/21869/mahasiswa_akan_kepung_gedung_dpr_pada_1_desember

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s