Jamaah Haji Wafat Tembus Angka 200 Orang


detikcom

detikcom – Senin, 7 Desember

Memasuki hari ke-45 di Arab Saudi atau bertepatan dengan awal kepulangan jamaah haji Indonesia, tercatat sudah 200 jamaah yang meninggal dunia. Angka ini menurun dari jumlah 343 orang yang meninggal tahun lalu pada tanggal yang sama.

Demikian catatan laporan Sistem Komuniasi Haji Terpadu (Siskohat) Departemen Agama yang diperoleh Media Center Haji Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja Makkah, Minggu (6/12/2009) pukul 18.45 waktu Arab Saudi.

Dari data itu, 153 orang jamaah haji Indonesia meninggal dunia di Makkah, 23 orang di Madinah, 12 orang di Mina, 7 orang di Jeddah, 3 orang di Arafah dan 2 orang di perjalanan. Sementara perbandingan jumlah laki-laki dan perempuan yang meninggal adalah 113 pria dan 87 wanita, dengan 135 orang meninggal di atas 60 tahun.

Para jamaah haji yang wafat ini sebelumnya pernah dirawat. 65 orang di sejumlah Rumah Sakit Arab Saudi, 48 orang di pemondokan, 46 orang meninggal dunia di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI), 17 orang di perjalanan, 9 orang di sektor BPHI, 8 orang di mesjid, 6 orang di bandara dan satu orang di pesawat.

Rata-rata penyebab kematian diantaranya terkait serangan jantung atau sistem sirkulasi yang mencapai 133 orang, 56 orang akibat penyakit sistem pernafasan. Sementara  yang menderita infeksi dan parasit, sistem syaraf dan sistem genitourinaty masing-masing 2 orang jamaah (6 orang). Selebihnya masing-masing satu jamaah akibat penyakit darah, endokrin nutrisi dan metal, gangguan mental dan prilaku, sistem pencernaan dan sistem otot tulang dan jaringan.

Untuk data yang terakhir jamaah yang wafat pada hari Minggu (6/12/2009) ini di Makkah adalah jamaah haji asal Salatiga, Jawa Tengah bernama Bambang Aris Sampoerno Bin R Brotosudirdjo jamaah haji BPIH khusus dari PT Patuna Mekar Jaya. Dia meninggal dunia di RS Arab Saudi sekitar pukul 00.30 dini hari tadi. Sehari sebelumnya sudah ada 11 orang jamaah haji yang juga meninggal dunia di Makkah Al
Mukarramah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s