Ditemukan, 2 Makam Berusia 4.300 Tahun


Salah satu makam diyakini milik seorang mucikari para perempuan penghibur untuk firaun
Selasa, 23 Desember 2008, 10:24 WIB
Renne R.A Kawilarang, Harriska Farida Adiati
Pintu masuk kuburan Saqqara di Memphis, Mesir, yang baru ditemukan (AP Photo/Nasser Nasser)

VIVAnews – Dua makam kuno berusia 4.300 tahun ditemukan di situs pemakaman kuno Saqqara, Mesir. Penemuan ini menunjukkan bahwa kompleks makam yang terletak sekitar 30 kilometer selatan kota Kairo tersebut lebih luas dari perkiraan selama ini. Demikian ungkap seorang arkeolog, Zahi Hawass, Senin 22 Desember 2008.

Kuburan batu tersebut dibangun untuk tokoh penting. Salah satu makam dipercaya milik seorang insinyur yang bertugas membuat lubang dasar pembangunan piramid (kuburan raja). Sedangkan makam yang satunya lagi adalah untuk seorang perempuan yang menjadi mucikari bagi perempuan-perempuan penghibur firaun – sebutan untuk raja Mesir kuno.

“Hari ini kami umumkan sebuah penemuan besar dan penting di Saqqara, yaitu penemuan dua makam yang berasal dari 4.300 tahun lalu,” kata Hawass sambil memandu para wartawan berkeliling kompleks, kemarin. “Penemuan dua makam ini merupakan awal dari penemuan kompleks pekuburan luas,” lanjut Hawass.

Hawass, yang memimpin Dewan Peninggalan Purbakala Mesir, mengatakan bahwa penggalian akan berlanjut dan diharapkan akan memberi titik terang tentang dinasti kelima dan keenam Kerajaan Kuno yang memerintah lebih dari empat ribu tahun lalu.

Satu dari dua makam memiliki lebar sekitar satu yard dan panjang 2,75 yard. Di luarnya tertulis deskripsi tentang seseorang bernama Yaamat, untuk lelaki itu makam tersebut dibangun. Makam kedua memiliki ukuran dua kali lebih besar daripada makam pertama, termasuk ukiran dan sebuah gambar perempuan dalam posisi duduk.

Penggalian di Saqqara telah berlangsung selama sekitar 150 tahun, membuka nekropolis luas piramida, kuburan, dan kompleks pemakaman yang sebagian besar berasal dari Kerajaan Kuno, termasuk situs era Romawi.

Penemuan-penemuan baru terus dilakukan. November lalu, Hawass mengumumkan penemuan piramida di Saqqara. Piramida tersebut merupakan piramida ke-18 yang ditemukan di Mesir dan yang ke-12 ditemukan khusus di Saqqara. (AP)

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s