Kaligrafi Jadi Motif Batik


By Republika Newsroom
Senin, 13 Oktober 2008 pukul 10:24:00 <!–

Iklan 468x60

–>

JAKARTA — Perajin batik di Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengambil kaligrafi sebagai motif batik.

“Bagian tengah kain ini bermotif kaligrafi abstrak, sementara di bagian pinggirnya dibingkai motif batik tradisional, yaitu motif Sidomulyo,” kata Imaroh, pemilik rumah usaha batik di Desa Wukirsari, Senin.

Ia mengatakan meski terlihat abstrak, tetapi motif ini ada bacaannya yaitu “hayya `ala shalah”. “Batik bermotif kaligrafi ini rencananya akan diberi warna biru dengan gradasi tua, sedang dan muda. Karena itu saya memerlukan pewarnaan kimiawi, tidak menggunakan pewarna alam karena warna yang dihasilkan untuk biru tua kurang bagus,” katanya.

Pewarna alam biru biasanya menggunakan tanaman `indigofera`, namun warna biru yang dihasilkan `indigofera` tidak setegas pewarna kimiawi. “Kami memilih pewarna kimia karena menyesuaikan permintaan pemesan,” katanya.

Imaroh yang baru tahun pertama kali memulai usaha batik telah merancang usaha kaligrafi batik sejak beberapa bulan lalu dengan desain hasil kerjasama dengan tetangga yang pandai menulis kaligrafi.

“Sebelum bulan Ramadhan lalu ada wisatawan dari Prancis yang ingin membeli batik sebagai hiasan dinding. Namun dia menginginkan desain yang tidak hanya menampilkan batik tradisional, karenanya kami menawarkan desain kaligrafi ini,” katanya.

Menurut Imaroh, saat ini banyak produksi batik bermotif tradisional yang beredar di pasaran dengan motif dan harga yang juga beragam. “Karena baru tahun ini membuka usaha batik, saya mencoba mencari pasar baru melalui penawaran batik kaligrafi ini,” katanya. Ia berharap peluang batik kaligrafi bagus dan berjanji tidak akan mengenyampingkan motif batik tradisional. (ant/ah)

Iklan

2 thoughts on “Kaligrafi Jadi Motif Batik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s