Koreksi + :HMI Usul Hukuman Mati untuk Koruptor


By Republika Newsroom
Senin, 28 Desember 2009 pukul 20:04:00 <!–

Iklan 468x60

–>

JAKARTA–Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) merekomendasikan hukuman mati bagi para koruptor. Pemberlakuan hukuman mati itu khusus bagi koruptor yang melakukan korupsi senilai atau di atas Rp 10 miliar. HMI juga merekomendasikan sistem pembuktian terbalik dalam tindak pidana korupsi.

Dua rekomendasi itu merupakan bagian dari sepuluh rekomendasi HMI dalam Diskusi Akhir Tahun. “Indonesia bersih dari korupsi adalah harga mati,” kata Ketua Umum PB HMI, Arip Musthofa, Senin (28/12) di Jakarta. Dia mengatakan, tak ada mimpi Indonesia ‘naik kelas’ tanpa adanya upaya yang serius mewujudkan Indonesia zero corruption (korupsi nol).

“Tuntaskan kasus-kasus korupsi yang telah terekspose, seperti kasus BLBI, Bank Century, dan kasus sejumlah pejabat tinggi pemerintahan,” kata Arip. Dia menambahkan, perlu ada transparansi kekayaan pejabat publik dan klarifikasi sumber perolehannya kepada publik.

Ketua DPR, Marzuki Alie, menyambut baik rekomendasi HMI itu. “Saya sepakat apa yang disampaikan,” kata dia. Hanya saja, mekanisme pembuktian terbalik dalam sistem hukum Indonesia belum bisa dilakukan dalam waktu dekat ini. Apabila dilakukan sekarang, kata dia, negara akan gaduh. ikh/rif

Komentar:

1. Tambahan hukuman baik yang dibawah 10 milyar dan di atas 10 milyar:

Bila telah memiliki kekuatan hukum yang tetap, maka:

a. Hakim merekomendasikan agar foto yang bersangkutan dan keluarganya di publikasikan seluruh media cetak, elektronik, face book, blogger, sedikitnya 7 hari berturut – turut di halaman utama.

b. Hasil korupsi disita negara 100 % + denda 20 % dari total hasil korupsi

c. Dikeluarkan rekomendasi oleh KPK, agar yang bersangkutan tidak dapat lagi bekerja di instansi pemerintah, BUMN, Lembaga profit swasta baik CV, PT, lembaga keuangan non bank termasuk anak kandungnya. Hasil rekomendasi dibagikan kepada seluruh gubernur dan bupati / walikota se Indonesia.

2. a. Bagi yang korupsi antara Rp 1 – 10 Milyar, penjara seumur hidup tanpa potong tahanan.

b. Bagi yang korupsi antara 100 juta sampai 1 M, penjara seumur hidup potong masa tahanan

c. Bagi yang korupsi antara 10  juta sampai 100 juta, penjara separuh umur terdakwa  dipotong masa tahanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s