Apa Kata Dunia, “Gusdur”


Berikut ini penulis kutip dari berbagai media, baik cetak, maupun ITE seperti face book dan twitter yang konon kabarnya sampai jam 12 malam sudah lebih dari 10.000 ungkapan hati yang terdalam tentang Gusdur.

Alm Abdurrahman Wahid
(inilah.com /Dokumen)


1. Anis Matta Sekjen PKS

”Sebagai bangsa, kita bukan hanya kehilangan tokoh intelektual tetapi terutama kehilangan tokoh dan simbol demokrasi,” kata Anis yang menelepon di jeda penerbangan. Dia mengajak kita semua mendoakan Gus Dur. ”Semoga diterima semua amalnya dan diampuni semua dosa besarnya,’

2. Yahya Staquf, mantan Jubir Kepresiden era Gusdur

melihat Gus Dur sebagai orang yang sangat meyakini cita-cita Bung Karno, dengan kecerdasan dan kecerdikannya. ”Beliau menginginkan kemerdekaan Indonesia yang hakiki, selesainya masalah-masalah bangsa dan tegaknya keadilan dalam tata dunia,” tutur Gus Yahya.

Mengenai sosok Gus Dur yang kontroversial, menurut dia, itu merupakan cara untuk menyiasati keadaan. ”Yang kita hadapi kan berupa kekuatan dan kekuasaan besar (hegemonik),” tandas Gus Yahya. asep nur zaman/kpo

3. Mantan Ketua Persatuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) Pdt DR Nathan Setiabudi

“Sebagai warga negara Indonesia saya merasa berduka dengan kepergian Gus Dur. Kepergian Gus Dur memang mengejutkan, namun kita yang ditinggalkan harus siap menerima kenyataan ini,” ujarnya saat di hubungi Republika, Rabu (30/12). Menurutnya, Indonesia tidak hanya kehilangan salah satu tokoh bangsa, namun juga kehilangan seorang tokoh kemanusiaan dunia. “Gus Dur Adalah seorang Muslim yang sangat manusiawi, dan manusia yang sangat Islami,” jelasnya.

Dalam kenangan Nathan, Gus Dur merupakan seorang yang sangat bersahaja. Dalam sebuah kesempatan, Gus Dur pernah secara khusus menghubungi Nathan hanya untuk menanyakan kabar. “Pada suatu kesempatan, saya pernah mendapatkan panggilan telepon tapi dengan nomor rahasia. Saat saya angkat ternyata suara Gus Dur. Saat itu dia menanyakan prihal persiapan Natal. Ini menujukkan rasa kepedulian dan perhatiannya yang tinggi,” ujarnya. c02/pur

4. Adnan Buyung Nasution, Pengacara, Anggota Wantimpres

“Gus Dur tokoh besar,” kata Buyung, Rabu (30/12).

Menurut Adnan, bangsa Indonesia wajib merealisasikan mimpi dan cita-cita Gus Dur. Mantan presiden itu, kata Adnan, telah meletakkan nilai pluralisme antar suku dan agama. “Contohnya membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi etnis Tionghoa.”

5 . Anggota Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) wilayah Madura, Khairul Kalam,

”Almarhum mantan Presiden RI K.H.Abdurrahman Wahid merupakan sosok pejuang Hak Asasi Manusia (HAM) sejati dan cinta perdamaian. “Perjuangan dan keseriusan Gus Dur dalam bidang HAM patut menjadi teladan bagi anak bangsa di negeri ini,” kata Khairul Kalam di Pamekasan, Rabu malam.

Selain itu, kata Khairul, selama ini Gus Dur juga banyak memberikan pendidikan politik bagi kalangan masyarakat umum, termasuk di internal organisasinya sendiri, Nahdlatul Ulama (NU). “Sangat sulit orang yang bisa kita jumpai tokoh seperti Gus Dur yang bisa melakukan reformasi dengan cepat dalam banyak hal,” kata Khairul.

Wakil ketua DPRD Pamekasan ini lebih lanjut menyatakan, gerakan mendasar yang dilakukan Gus Dur, selama ini bukan hanya HAM, tapi ia juga merupakan salah satu tokoh yang mampu menciptakan perdamaian karena diterima oleh semua kelompok masyarakat yang berbeda.

Gus Dur, kata politisi dari Partai Demokrat (PD) ini, tidak hanya diterima di kalangan umat Islam, namun juga di kalangan masyarakat non-Muslim. “Jadi tokoh yang satu ini memiliki kemampuan tersendiri yang tidak dimilik orang lain,” katanya.

6. Prof. Dr. B.J. Habibie

Menurut Habibie, Gusdur merupakan guru bagi bangsa Indonesia. “Tidak hanya warga NU yang berduka, tetapi seluruh bangsa,”ungkapnya.

7. Wakil Ketua DPR, Priyo Budhi Santoso,

”Gusdur merupakan tokoh yang bersahaja, dan mampu memberikan ilmu bagi saya senantiasa berguru dan berdiskusi segala hal tentang bangsa”

8. . Ketua Fraksi PDIP, Tjahyo Kumolo,

”Gusdur merupakan sosok ulama yang demokratis. Masih banyak pikiran yang belum tersampaikan untuk kepentingan bangsa dan negara”. C02/Fyz/C12/C01/pur

9. Kennedy ( Warga Negera Jerman), dalam akun twitternya

“Gus Dur is more awesome than Chuck Norriss”

10. . Deenazah  ( Malaysia ), di facebook

Gus Dur. “Love Gus Dur a lot! My deepest condolence,”

11. Heryadi ( WNI). Dalam akun twitternya, pria yang bermukim di Amerika Serikat ini mengungkapkan kekagumannya pada pemikiran Gus Dur. dalam akun twitter RIP”Gus Dur”

Is right, “If in the past I said that the House of Representatives was a kindergarten, now I say it is a playgroup.” So long, Mister”

12.  Try Sutrisno, mantan wapres

“Saya tidak bisa lupa, Gus Dur itu suka bergurau. Yang paling tidak bisa saya lupakan itu adalah kalau ke rumah saya, Gus Dur selalu minta dibikinkan rawon,” ujar Try di kediaman Gus Dur, Ciganjur, Jakarta, Rabu (30/12).

Menurut Try,, Gus Dur adalah seorang pejuang yang telah menjaga keutuhan Pancasila dan UUD 45 seperti para pendahulu-pendahulunya.

13. Bibit Samat Riyanto (Wakil Ketua KPK)

a.  “Beliau pernah cerita, kalau beliau pernah dihukum gara-gara ketahuan mencuri ikan dengan menggunakan sarung sebagai jalanya. Terus saya tanya, habis itu bagaimana Gus? Terus dijawab Gsu Dur, ya enggak apa-apa, yang penting dapat ikan banyak,” kenang Bibit.

b. Menurut Bibit, Gus Dur merupakan tokoh nasional dan negarawan yang berani melakukan perubahan.

“Salah satunya membuat istana tidak lagi menjadi tempat yang sakral. Cuma Gus Dur yang berani pakai kolor di Istana, karena dia itu selera humornya memang tinggi,” kenang Bibit.

14.  Maruarar Sirait (Fraksi PDIP, anggota Pansus Century)

“Tim 9 Century pernah datang ke Gus Dur sewaktu mengawali angket sebelum paripurna. Satu pesan terakhir beliau, dalam menegakan kebenaran dan keadilan jangan takut,”, pesan terakhir Gus Dur tersebut telah memberikan kekuatan bagi pansus untuk mengungkap skandal kasus Century.

“Itu pesan terakhir yang memberikan kita kekuatan, kita seperti diberi vitamin,” katanya.

Di mata Ara, Gus Dur merupakan tokoh nasional yang telah memperjuangkan pluralisme dan nasionalisme di Indonesia untuk kebersamaan. “Semoga akan lahir Gus Dur baru untuk mejaga kemajemukan Indonesia,” harapnya. [mut]

15.  Lily Wahid ( adik Gusdur)

“Pesan terakhir beliau untuk PKB adalah ia ingin PKB rekonsialisi, karena apapun juga beliau adalah deklarator partai tersebut,” ujar lily Wahid.

16. Uskup Agung Jakarta Julius Kardinal Darmaatmadja SJ

“Bagi kami umat Katolik, pengaruhnya sangat besar, baik secara pribadi maupun umat Katolik Indonesia. Gus Dur juga menjadi perekat bagi umat lain yang berbeda. Meski dia seorang Muslim, dia mampu menjadi berkat bagi umat lainnya, baik Katolik maupun umat lainnya,”

17. Chardinal Putra (Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Batusangkar

“Gus Dur mempunyai keberanian dan pembelaan yang tinggi terhadap kamu tertindas. Bahkan, berani mengambil resiko untuk membantu orang lain,”

” Gus Dur adalah sosok pemimpin yang kharismatik setelah Bung Karno, Bung Hatta dan Agus Salim. Perjuangannya untuk rakyat tertindas, lahir dari nuraninya tanpa mengharapkan suaru imbalan dibalik upaya yang dilakukannya.”

“Kepergian Gus Dur, jelas meninggalkan duka bagi Indonesia. Tapi, momentum bagi generasi calon pemimpin mendatang sehingga muncul Gus Dur baru, Bung Hatta Baru dan lainnya yang berjuang tulus untuk kepentingan rakyat,” katanya.

18.  Sofyan Wanandi  (mantan anggota Badan Pengembangan Ekonomi Nasional (BPEN) semasa Presiden Gus Dur)

“Beliau memiliki terobosan yang luar biasa termasuk soal persamaan dengan non pribumi, seperti tahun baru kita menjadi libur nasional, itu jasa beliau,” katanya.

19.  Lukman Hakim Saifuddin  (Wakil Ketua MPR )

“Menurut saya, Gus Dur amat sangat layak menjadi pahlawan nasional karena jasa-jasanya. Maka, sudah sepantasnya negara memberikan apresiasi kepada Beliau dengan gelar pahlawan nasional,”

20. Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi

Hasyim Muzadi
(inilah.com /Agus Priatna)
” Gus Dur merupakan tokoh yang berkarakter dan berani mengambil risiko atas kepemimpinananya terlepas dari semua kekurangannya.”

“Belum ada kader sekokoh Gus Dur dari perjuangannya. Hanya karena masalah lingkungan, ini semua tidak menjadi kapasitas penuh. Karena kesehatan dan lingkungan, tapi orisinal Gus Dur luar biasa.”

Gus Dur minta PBNU dijaga dengan baik.

“Jaga PBNU baik-baik,”

” Gus Dur merupakan orang yang sangat konsisten dalam pemikirannya. Hanya karena masalah lingkungan, dan kesehatan saja, membuat Gus Dur tidak bisa melakukan sesuatu dengan penuh. Beliau pantang menyerah, apapun derita Gus Dur dia tidak pernah mengeluh,” pungkasnya. [bar]

21.   Hermawi  (Nias Sumut)

mengungkapkan, perkenalannya dengan Gus Dur pertama kali di NTT. “Saat itu, Gus Dur ke NTT untuk urusan PKB. Saya bertemu ketika transit. Beliau tanya, ‘Kamu orang apa?’ Saya jawab saya dari Nias. Beliau mengajak saya bergabung dan mengatakan, ‘Tidak penting apa pun agama atau sukumu. Kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu’,” kata Hermawi berbagi kisah tentang pesan yang diingatnya dari seorang Gus Dur kepada Kompas.com.

Apa yang diutarakan Gus Dur menjadi pegangannya dalam berkomunikasi dengan siapa pun dalam 10 tahun terakhir. “Saya sangat terkesan dengan keterbukaan beliau yang tidak pernah membeda-bedakan,” ujar Hermawi, yang pernah menjabat ketua DPP PKB ini.

22.

7 thoughts on “Apa Kata Dunia, “Gusdur”

  1. Tema blog saya ngikut Pak Herman, lebih nyaman bacanya..

    Ternyata saya tidak ada kesempatan juga bincang langsung dg Gus Dur, hanya satu yang jadi ganjalan saya: pluralisme !!

    Apakah itu bner2 pendapat pribadi, atau dalam rangka siasat sebagai program al islamu ma’al quwwah..

    Suka

  2. pertama, sbg anak bangsa saia ucapkan SELAMAT JALAN GUSDUR.. PINTU SURGA TERBUKA UNTUKMU….
    kedua, sbg anak bangsa saia tidak mengerti kenapa baru skrg smua politikus berbicara baik mengenai gusdur??? padahal selama terakhir (pasca kudeta PKB) tdk ada satupun politikus yg membantu dan menghargai gusdur??? apa ini cuma strategi untuk mengambil hati kaum nadhliyin spy mendukung partai politiknya nanti???
    Hidupnya sempat di “acuhkan”, tp baru skrg kepergiannya diributkan dgn komentar yg tdk sesuai dgn kelakuannya..
    *swt*

    Suka

    • politik itu artinya banyak itik. suaranya wek…wek…wek…., politikus, itu artinya itik siap siap dimakan tikus, tikus sekarang tidak lagi makan itik saja, tapi juga makan duit…. huhg… tersedak aku.

      Suka

  3. Secara pribadi, saya merasa bangga sekali jika akhirnya Gus Dur diberi gelar Pahlawan Nasional. Sekalipun setelah beliau tiada, memang gelar tak berarti apapun bagi yang bersangkutan…, tapi pandangan seorang Gus Dur mengenai perjuangan untuk persatuan&kesatuan Indonesia patut diacungi jempol; bahwa seluruh kalangan, baik mayoritas maupun minoritas, kesemuanya itu adalah bagian dari Indonesia, yang layak untuk diperjuangkan.
    Buat Blog

    Suka

  4. tak akan pernah ada sosok sehebat gusdur lagi di kursi pemerintahan indonesia. walaupun beliau menurut masyarakat nyeleneh, tetapi bagiku pribadi tidak, karena beliau yg sudah mencapai maq0m yg tinggi. selamat jalan agus abdurrohman wachid(gus dur).

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s