Pencuri Alquran Divonis Enam Bulan


Selasa, 12 Januari 2010, 21:36 WIB
wordpress.com

printSend to friend

BANDUNG–Seorang pencuri Alquran dan buku di masjid Baitul Ruhiyat di Kota Bandung pada 25 September 2009 lalu, Lili Amalia (33), divonis hukuman enam bulan oleh Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Bandung kelas 1A, kota Bandung, Jawa Barat, Selasa. Dalam persidangan, Ketua Majelis Hakim Arifin SH, menuturkan, terdakwa terbukti melanggar pasal 363 dan memvonis hukuman enam bulan penjara.

Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Emannuel Ahmad, di Bandung menuturkan, sebelumnya jaksa menuntut terdakwa dengan hukuman 10 bulan penjara. Namun, hal tersebut diringankan karena terdakwa belum menikmati hasil perbuatanya. “Yang meringankan terdakwa adalah didorong dengan kebutuhan hidup dan terdakwa belum menikmati hasil perbuatanya. Massa hukuman tersebut dikurangi massa penahanan November 2009,” tuturnya.

Sebelumnya dalam surat Dakwaan disebutkan, terdakwa, tertangkap basah mencuri beberapa buku dan juga Alquran milik masjid Baitul Ruhiyat, di Komplek Bahagia Permai, Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat.  Modus pencurian dilakukan terdakwa dengan mencongkel paksa lemari masjid dengan obeng yang telah disiapkannya.

Menurut Emannuel, terdakwa melakukan pengintaian dengan berpura-pura menjadi jemaah masjid yang akan numpang shalat.  Sementara buku yang hilang tersebut antara lain, Ensiklopedia Alquran, Syaamil Al Quran, Terjemahan Nailul Authar, Tafsir Alquran al Karim, Ringkas Hadist Shahi Al Bukhori, buku Musa VS firaun, buku Tokoh-tokoh yang diabadikan Alquran, Bulughul Maram, Tafsir Fi Zhilalil Quran.

Terdakwa tepergok oleh pengurus masjid yang mencurigai lemari masjid sudah dalam keadaan rusak dengan buku berantakan. “Pengurus langsung mencari dan mengejar terdakwa, kemudian saksi mencurigai terdakwa yang membawa ransel dari tempat kejadian dan menemukan beberapa buku yang diketahui milik masjid,” ujarnya dalam berkas dakwaan.

“Rencananya buku tersebut akan dijual untuk kebutuhan hidup di Kota Bandung,” tuturnya. Terdakwa dijerat dengan pasal 363 ayat 1 ke 5 KUHPidana tentang pencurian disertai pemberatan. Maksimal hukuman penjara 5 tahun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s