Belatung-belatung itu Keluar dari Mata Sarati


Jumat, 22 Januari 2010 | 13:58 WIB

shutterstock

ilustrasi

SURABAYA, KOMPAS.com – Pasien dengan penyakit mata keluar belatung yang telah dirawat sepuluh hari di Graha Amerta RSUD dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, kini kondisinya semakin membaik.

Dokter Spesialis mata RSUD dr Soetomo, dr. Hendrian D. Soebagyo, Spm, yang merawat pasien tersebut, Jumat, mengatakan, pasien bernama Sarati (78) asal Bangkalan tersebut, sedang dalam masa penyembuhan dan kondisinya lebih baik dibandingkan saat ia datang.

“Kondisinya jauh lebih baik dibandingkan saat datang pada sepuluh hari lalu. Saat ini ia sedang dalam masa penyembuhan lukanya,” katanya menjelaskan.

Hendrian menuturkan, Sarati menderita penyakit tumor jinak dengan istilah kedokterannya “Pseudolymphoma”. Dengan tidak adanya penanganan dan perawatan lebih lanjut pada tumor ini, berakibat bernanah dan mendatangkan lalat.

Dari lalat yang hinggap di matanya tersebut, kemudian menelurkan ulat-ulat atau belatung yang berkembang banyak, sehingga tidak terdeteksi.

“Ulat-ulat itu, kemudian hidup di bawah jaringan mata, yang kemudian menggerogoti jaringan-jaringan lainnya yang mengakibatkan kelopak mata pasien menjadi berlubang,” paparnya mengungkapkan.

Sarati datang kali pertama ke RSUD dr Soetomo dalam kondisi pendarahan. Mengetahui kondisi itu, kemudian tim dokter spesialis mata segera melakukan penangan dan pembersihan mata dari ulat-ulat tersebut.

“Saat ini Sarati sudah dalam kondisi jauh lebih baik, dan sedang masa penyembuhan di ruang penyakit mata,” tuturnya menambahkan.

Lebih lanjut Hendrian mengemukkan, fenomena penyakit seperti yang dialami Sarati, merupakan kasus yang sering terjadi.

“Kasus tubuh pasien keluar ulat adalah yang kesekian kali yang pernah saya tangani selama ini,” ucapnya menegaskan.

<!–/ halaman berikutnya–>

One thought on “Belatung-belatung itu Keluar dari Mata Sarati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s