ABG Jual Diri Lewat Facebook


Anak-anak tersebut masih duduk dibangku sekolah dengan umur rata-rata 15-16 tahun.
Senin, 1 Februari 2010, 08:17 WIB
Ita Lismawati F. Malau
Facebook (Facebook)

VIVAnews – Situs jejaring sosial, facebook, ternyata tidak hanya digunakan untuk mencari kawan baru. Kemarin, Kepolisian Wilayah Kota Besar Surabaya Jawa Timur mengungkap prostitusi anak baru gede (ABG) lewat facebook.

“Dua tersangka telah ditahan,” kata Kepala Polwiltabes Surabaya Komisaris Besar Ike Edwin kepada tvOne, Senin 1 Februari 2010.

Modus kejahatannya, kata Ike, sekitar 25 foto ABG dipajang di facebook. Pengguna seks lalu menghubungi para anak-anak yang rata-rata berumur 15-16 tahun. Mucikari akan berkomunikasi dengan pengguna seks melalui internet juga, yakni dengan chatting.

Setelah transaksi selesai, si anak akan mengantongi 400-800 ribu rupiah. “Kami menyita uang dari para tersangka sebesar Rp 1,7 juta,” kata dia. Salah tersangka bernama Hendri Margari.

Pelaku prostitusi itu mengaku baru melakukan ini selama dua bulan. “Sejauh ini, dari 25 korban, kami baru periksa 5 orang,” kata Ike. Para korban, kata Ike, masih bersekolah di tingkat SMA atau sekolah pariwisata di Surabaya.

Awas, Facebook Bisa Ancam Prospek Karir Anda

Tujuh dari 10 perusahaan kini mulai melakukan riset secara online terhadap calon karyawan
Minggu, 31 Januari 2010, 06:15 WIB
Elin Yunita Kristanti, Muhammad Chandrataruna
(digiactive.org)

VIVAnews – Selalu ada yang menarik dari Facebook, tapi situs jejaring sosial terbesar di dunia ini tak selamanya menyenangkan, terutama bagi para pencari kerja. Menurut studi yang dilakukan Microsoft baru-baru ini, profil seseorang di Facebook dapat merusak prospek pekerjaan mereka.

Berdasarkan studi tersebut, tujuh dari 10 perusahaan kini mulai melakukan riset secara online terhadap calon karyawan yang melamar pekerjaan.

Seperti dimuat laman Telegraph, Sabtu 30 Januari 2010, tak hanya Facebook, studi Microsoft juga menyinggung situs mikroblog Twitter yang tak kalah besar pengaruhnya dalam proses penyeleksian karyawan baru.

Keduanya kini seakan-akan menjadi “CV” baru para pelamar kerja.

Survey yang melibatkan sejumlah manajer SDM di 100 perusahaan teratas dari Inggris, AS, Jerman, dan Perancis ini menemukan bahwa 70 persen mengaku telah menolak pelamar karena perilaku mereka di dunia maya.

Tetapi, mereka juga tak memungkiri bahwa profil di Facebook atau Twitter juga membantu para pelamar untuk mendapatkan pekerjaan karena imej yang baik.

Peter Cullen, jurubicara Microsoft untuk studi terkait mengatakan, reputasi Anda di dunia maya bukanlah sesuatu yang perlu ditakuti, melainkan sesuatu yang harus dikelola secara proaktif.

“Dewasa ini, sangat penting bagi pengguna Web untuk menjaga reputasi online mereka agar bisa dilihat oleh perusahaan yang dituju,” ujar Peter.

Biasanya, lanjut dia, kecerobohan-kecerobohan yang sering terjadi di Facebook adalah rentetan foto mabuk-mabukan, bahasa yang kasar, dan pesan-pesan yang mengeluh tentang hidup.

Menanggapi studi ini, Farhan Yasin dari Careerbuilder.co.uk mengutarakan hal senada. “Situs jejaring sosial merupakan media yang hebat dalam membuat koneksi antara masyarakat dan peluang kerja di tahun 2010. Melalui media sosial baru ini, mereka dapat mempromosikan pribadi mereka di internet,” tukasnya.

Balas Komentar Facebook Lewat Email
tak perlu log-in ke Facebook untuk membalas komentar. Lakukan saja lewat e-mail.
Rabu, 13 Januari 2010, 13:37 WIB
Indra Darmawan
Fitur balas komentar Facebook lewat E-mail (Mashable)

VIVAnews – Facebook baru saja menyediakan fitur baru bagi pengguna, yakni membalas komentar melalui e-mail.

Seperti dikutip dari situs Mashable, fitur ini disediakan untuk mempermudah dan mempersingkat waktu orang saat berinteraksi dengan pengguna Facebook lainnya.

Setiap saat Anda mendapatkan notifikasi komentar baru di Facebook melalui e-mail, maka Anda bisa membalas komentar itu langsung melalui email notifikasi tersebut. Tak perlu log-in ke Facebook, cukup tekan tombol reply di layanan e-mail Anda.

Balasan yang ditulis lewat e-mail itu tetap akan muncul secara visual di Facebook. Facebook juga mampu menyaring segala informasi yang tak relevan di e-mail, misalnya informasi signature e-mail.

Sayangnya, Facebook tidak menyediakan fitur serupa untuk notifikasi kiriman pesan baru dari orang lain. Kiriman pesan orang ke inbox Facebook tetap harus dibalas melalui Facebook.

Bagaimanapun juga, dengan fitur balas komentar lewat e-mail ini, Facebook telah mengorbankan jumlah pageview-nya, demi memudahkan pengguna untuk berinteraksi.

• VIVAnews

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s