Kok Mengorok, Sih!


Ahad, 31 Januari 2010, 10:26 WIB

Pelajari fakta tentang mengorok dan temukan solusinya. Yuk, mari…

Semua pasti sepakat, dengkuran suami atau istri sangat mengganggu tidur pasangannya. Bila dengkurannya biasa-biasa saja, mungkin masih bisa ditoleransi. Namun kalau suaranya sudah bersaing dengan dengung kereta api, wah, siapa yang tak akan terganggu?

Bila pasangan Anda termasuk tipe pendengkur, jangan buru-buru membeli produk anti-dengkur yang kini banyak dijual di pasaran. Pasalnya, mendengkur juga bisa jadi pertanda ada sesuatu dalam diri pasangan kita, apalagi jika sebelumnya dia tidak pernah mendengkur. Dengkuran bisa menjadi pertanda sleep apnea, yang biasanya berkaitan dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Kondisi ini berbahaya karena sang epndengkur bisa tiba-tiba berhenti bernafas dalam tidurnya.

Jadi, alangkah baiknya memang berkonsultasi ke dokter dulu bila sia dia yang biasanya bukan pendengkur tiba-tiba menjadi pendengkur jempolan. Biasanya, dokter akan menyarankan untuk juga berkonsultasi dengan dokter THT atau kadang persoalan bisa diatasi hanya dengan si pendengkur diminta mengurangi sedikit berat badannya.

Berikut ini trik-trik mengatasi gangguan dengkuran seperti disarankan Majalah Canadian Living:

# Mintalah pasangan untuk tidur dalam posisi miring. Posisi ini akan memudahkan jalan nafasnya sehingga dengkuran bisa dikurangi. Bagaimana jika dia selalu berbalik tidur terlentang walau sudah dimiringkan? Canadian Living memberikan saran yang sidikit nakal: jahitlah saku di sisi belakang baju tidurnya, dan masukkan bola tenis ke dalamnya. Ketika dia kembali terlentang, maka dia akan selalu ingat untuk kembali miring ke sisi lainnya. Jail, ya?

# Jangan tidur dengan hewan piaraan. Betul, binatang piaraan adalah sahabat paling setia keluarga Anda. Namun, banyak orang yang alergi dengan bulu-bulunya tanda disadari. Kondisi ini mengakibatkan memburuknya hidung tersumbat dan mendengkur.

# Cobalah selingan lain, yaitu dengan membeli produk penyumbat telinga. Ada sejumlah produk di pasar dan harganya relatif terjangkau. Bentuknya mirip //earphone// yang ditempelkan di kedua sisi telinga kita.

# Produk anti-dengkur. Saat ini, variannya sangat banyak dijual di pasaran. Namun menurut Dr Glendon Sullivan, wakil direktur Atlantik Health Sciences Sleep Centre, tak ada “peluru ajaib” untuk menolong para pendengkur. Seringkali, obat-obatan itu kata dia menyasar salah satu penyebab mendengkur saja. Padahal seringkali, mendengkur adalah hasil kombinasi sejumlah faktor. “Mendengkur disebabkan oleh getaran langit-langit yang disebabkan oleh aliran udara yang bergolak,” ujarnya. Ini dapat meliputi: hidung (bisa karena polip), mulut (karena lidah yang terlalu besar), leher (karena lemak dalam jaringan yang menekan jalan napas), atau rahang yang terlalu jauh ke belakang. Tanpa mengatasi semua masalah itu, kebanyakan produk anti-mendengkur akan tidak mengenai sasaran.

# Terapi posisi bantal. Saat ini, banyak bantal yang dikreasi untuk meminimalisasi dengkuran. Tapi Anda juga bisa mencontek saja bentuknya. Bantal-bantal itu didesain sedemikian rupa sehingga membantu “mengatur” posisi lidah dan jalan nafas tidak mengganggu pernafasan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s