Rintihan Seorang Ibu


By: agussyafii

Ada seorang pemuda terlihat tergesa-gesa penuh keringat menemui Rasulullah dan berkata, Wahai Rasul, ayah saya kini telah tiada, sedangkan ibu saya sudah tua. Kalau makan, saya haluskan dulu makanannya kemudian saya letakkan makanan itu ke dalam mulutnya, tak ubahnya anak kecil. Saya letakkan beliau dalam ayunan kain seperti bayi dan setelah itu saya mengayunnya sampai tertidur.

Mendengar penuturan Rasulullah meneteskan air mata seraya mengatakan, Wahai anak muda, engkau telah mendapatkan keberhasilan yang sangat layak karena engkau memohon kepada Alloh dengan hati yang bersih dan niat yang tulus dan Alloh telah mengabulkan doamu.

Anak muda itu bertanya, Wahai Nabi, apakah saya sudah dapat menggantikan jerih payah ibu saya?

Rasulullah SAW bersabda, engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan di antara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan dan mengasuhmu diwaktu kecil. Didunia ini tidak ada yang bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu.

Itulah sebabnya menghormati ibu adalah sebuah keharusan. Rintihan ibu disetiap harinya dari melahirkan, mengasuh dan membesarkan kita serta bermunajat untuk kebahagiaan anaknya akan selalu didengarkan oleh Alloh SWT. Kerelaan ibu untuk menunda kesenangannya demi kebahagiaan anak-anak yang dicintainya, menyusui, menyuapi dikala kita kecil. Membimbing dan mencintai dengan setulus hatinya. Namun sekarang ketika kita dewasa terkadang kita lalai, lupa dan mengabaikan beliau. Nabi Muhamad SAW selalu mengingatkan kita ‘Surga itu dibawah telapak kaki Ibu.’ Sungguh begitu indah dan agungnya seorang ibu.

Selagi masih ada kesempatan, ‘Mari muliakanlah beliau, ibu kita yang penuh kasih sayang nan agung. Bahagiakanlah hatinya..’

Wassalam,
Agussyafii

Tulisan ini dalam rangka kampanye program Kegiatan ‘Amalia Satukan Hati (SEHATI)’ Hari Ahad, Tanggal 14 Februari 2010 Di Rumah Amalia. Kirimkan dukungan dan komentar anda di http://www.facebook.com/agussyafii atau http://agussyafii.blogspot.com, http://www.twitter.com/agussyafii, atau sms di 087 8777 12 431

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s