Waspadai Terlalu Lama Duduk di Depan Komputer


Duduk berjam-jam di komputer menimbulkan resiko penyakit berbahaya.
Kamis, 4 Februari 2010, 10:46 WIB
Finalia Kodrati, Anda Nurlaila
(cv-library.co.uk)

VIVAnews – Walaupun komputer membantu pekerjaan, terlalu lama berdiam di depan alat ini bisa membahayakan kesehatan dan bisa berakibat fatal. Duduk minimal empat jam di depan komputer bisa menyebabkan berhentinya fungsi proses tubuh.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine memperingatkan bahwa orang menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer memiliki resiko mengidap penyakit berbahaya yang bisa berakibat kematian.

Terlalu sering duduk di komputer tanpa aktivitas fisik membuat individu memiliki kelebihan berat badan. Akibatnya, tubuh rentan terhadap serangan jantung penyebab kematian.

Bahkan jika tidak memiliki masalah berat badan, tidak adanya aktivitas otot terus-menerus menyebabkan perubahan-perubahan berbahaya dalam tubuh.

“Setelah empat jam duduk, tubuh mulai mengirimkan sinyal berbahaya,” ujar peneliti utama Elin Ekblom-Bak. Dia mengingatkan bahwa empat jam adalah periode ketika gen yang mengatur glukosa dan lemak yang terkait dengan proses tubuh berhenti berfungsi.

Olahraga teratur tidak cukup untuk mengimbangi proses berbahaya setelah duduk di depan komputer atau duduk di belakang meja. Peneliti menyarankan agar bergerak dan melakukan beberapa latihan peregangan otot setelah beberapa jam. Karena latihan akan kembali menyegarkan tubuh setelah duduk lama. Bagaimana caranya?. Terapkan bersantai dalam waktu lima menit seperti di bawah ini.

Bersantai dalam Waktu Lima Menit
Lima cara untuk rileks dalam waktu singkat.
Kamis, 4 Februari 2010, 10:07 WIB
Finalia Kodrati, Lutfi Dwi Puji Astuti
Minum Teh (corbis.com)

VIVAnews – Berbagai aktivitas yang Anda jalani mungkin membuat energi Anda terkuras dan bahkan membuat Anda stres. Mengurus suami, menyiapkan perlengkapan sekolah dan sarapan anak serta banyaknya aktivitas rutin di kantor terkadang membuat emosi Anda makin memuncak.

Untuk meredakannya cobalah rileks sesaat. Luangkan waktu lima menit saja untuk bersantai. Dalam waktu lima menit, apa saja yang bisa membuat Anda relaks. Berikut adalah lima cara yang bisa Anda lakukan selama lima menit untuk memulihkan cadangan energi Anda:

1. Minum teh.

Tak perlu jauh-jauh ke luar ruangan untuk menikmati aroma dan hangatnya secangkir teh. Letakkan ketel di atas kompor dan jatuhkan sekantong teh hitam favorit Anda dalam cangkir keramik dengan motif pilihan. Anda mungkin tahu teh sarat dengan antioksidan yang bisa menangkal berbagai penyakit.

Tapi bukan itu tujuan kita saat ini. Menikmati aromanya sesekali setelah Anda menyesapnya bisa jadi ritual yang menenangkan. Coba lakukan kebiasaan ini setiap hari dalam kehidupan Anda, buang sesaat kebisingan yang mengganggu Anda. Bungkus tangan Anda pada cangkir teh hangat, hirup aroma dari uap teh, dan hanya beberapa saat Anda dapat menikmati damainya hidup.

2. Dengarkan musik atau nyanyikan lagu favorit

Sama seperti pura-pura senyum dapat membuat Anda merasa benar-benar bahagia. Menyanyikan lagu favorit pun juga demikian . Jika Anda hafal sepanjang liriknya, coba bernyanyi hingga putaran lagi selesai. Ini bisa memberikan keajaiban untuk mood Anda. Jika tengah berada dalam perjalanan dengan mobil, biarkan jendela terbuka dan nyanyikan lirik lagunya hingga selesai, dijamin Anda akan merasa lebih relaks.

3. Bernapas.

Jika dengan melakukan meditasi formal seperti bernapas panjang bisa membuat Anda tenang, itu bagus. Dan Anda beruntung, karena hanya berfokus pada napas Anda dapat mengumpulkan beberapa manfaat dan mengembalikan energi yang terbuang. Dimanapun Anda berada, di mobil, menunggu dalam antrean di kantor pos atau berada di depan meja kantor coba perlahan tarik napas dalam, biarkan perut santai dan udara baru benar-benar mengisi paru-paru Anda.

Tahan selama beberapa saat, dan kemudian perlahan-lahan menghembuskan napas. Ulangi beberapa kali. Terapi instan ini bisa mengosongkan mengosongkan pikiran Anda dan menenangkan seluruh sistem dalam tubuh.

Agar lebih santai dan relaks sebelum menghirup napas panjang coba gosok minyak lavender di antara jari-jari Anda dan oleskan pada pelipis dan telinga Anda. Cara ini bisa membantu Anda lebih rileks.

4. Tulis Dalam Diary

Mengeluarkan uneg-uneg dalam secaraik kertas kadang menjadi cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menenangkan pikiran. Hanya diperlukan waktu beberapa menit untuk menungkan masalah dalam bentuk tulisan. Buat daftar tulisan semua perasaan yang menekan dan membuat Anda khawatir.

Ini sangat berfungsi mengosongkan kekacauan dalam otak Anda. Setelah dikeluarkan, pikiran Anda akan terasa lebih ringan dan energi untuk fokus pada pekerjaan berikutnya sudah kembali. Lakukan cara ini jika kecemasan dan perasaan tertekan kembali datang, pasti Anda akan merasa lebih rileks.

5. Lakukan Gerakan Yoga

Meregangkan otot dengan melakukan sedikit latihan yoga bisa membuat Anda lebih rileks. Berdirilah, dan menjaga lutut perlahan tetap tegak, lipat pinggang ke arah lutut dan biarkan kepala dan lengan menggantung lepas ke lantai. Biarkan gravitasi melakukan pekerjaan menarik buat Anda. Kemudian, berdiri tegak, menggenggam tangan Anda di belakang punggung dan meregangkan bahu dan punggung atas.

Secara lembut meregangkan leher dengan lambat, jatuhkan kepala ke bahu kiri dan kanan secara bergantian. Jika Anda merasa sangat tegang, mengambil beberapa saat untuk meremas otot-otot di bagian atas bahu Anda bisa membuat otot-otot kembali rileks.

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s