Bumbu Dapur untuk Usir Hewan Pengganggu


Jangan biarkan tikus dan hama lain mengambil alih rumah Anda.
Senin, 8/2/2010 | 10:57 WIB

KOMPAS.com – Kecoa, semut, tikus, dan “teman-temannya” seringkali mengusik hunian Anda. Jika didiamkan, mereka tentu akan semakin merajalela. Agar tak perlu keluar uang banyak membeli pembasmi hewan pengganggu, gunakan saja bumbu dapur sebagai senjata jitu melawan mereka.

Lada Kering (bubuk lada)
Lada lebih dari sekadar penyempurna masakan karena cukup efektif untuk mengenyahkan serangga pengganggu yang sering bersarang di lemari Anda. Caranya, cukup tumbuk satu sendok lada dengan air secukupnya hingga menjadi semacam pasta. Lalu oleskan pada tempat yang sering dihuni hewan tersebut.

Daun Salam
Irisan daun salam dapat menyingkirkan kecoa dari rumah Anda. Cukup dengan mengiris daun salam tipis-tipis dan letakkan di tempat yang sering dilalui kecoa. Bila sudah kering, segera ganti dengan  yang baru.

Bawang Putih
Serangga dan hama dijamin tunggang langgang dari tanaman Anda hanya dengan menggunakan bawang putih. Untuk hama tanaman, tumbuk dua siung bawang putih dicampur dengan dua sendok teh minyak tanah, lalu diamkan sehari. Setelah itu, tambahkan seperlima liter air yang sudah dicampur dengan beberapa tetes sabun cair. Saat ingin digunakan, campur racikan tersebut degan sebotol air kecil lalu semprotkan di tanaman Anda. Untuk serangga tanaman, cukup tebarkan bawang putih yang telah dicincang di sekitar tanaman.

Daun Sirih
Daun sirih memang memiliki beragam manfaat. Pertama, dapat mengusir semut yang menjengkelkan dari makanan Anda. Remas daun sirih sampai layu dan tebarkan pada sekeliling makanan yang diserang semut. Semut pun kabur dan makanan Anda tetap sehat untuk disantap. Kedua, jangan biarkan jentuk-jentik nyamuk di bak berkembang dengan menaruh 3-4 lembar daun sirih ke dalam bak.

Buah Mengkudu
Dengan satu buah mengkudu saja, tikus tak akan berani bertamu ke rumah Anda. Potong buah mengkudu dan letakkan pada tempat yang sering disambangi tikus. Namun, Anda juga harus memperhatikan kebersihan tempat-tempat tersebut.

Nah, jika cara alami yang murah cukup efektif, mengapa harus menggunakan bahan kimia yang berbahaya?

(RAN/Klasika Kompas)

3 thoughts on “Bumbu Dapur untuk Usir Hewan Pengganggu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s