Hilangkan Sangkala, Rambut Gimbal Dipotong


Liputan 6

Liputan6.com, Wonosobo: Acara potong rambut gimbal sudah menjadi tradisi warga masyarakat lereng Gunung Sindoro dan Sumbing di Wonosobo, Jawa Tengah. Tradisi ini dipercaya untuk menghilangkan sengkala atau nasib buruk bagi sang anak dan keluarganya.

Di Desa Gondowulan, Kepil, Wonosobo, tradisi potong rambut gimbal diawali arak-arakan keliling kampung, Kamis (15/7). Sesaji dibawa dengan diiringi kesenian tradisional. Kali ini ruwatan potong rambut gimbal atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan sebutan potong gombak diikuti delapan orang anak berusia tujuh tahun.

Di pelataran Goa Nyi Simpen satu persatu anak yang rambutnya tumbuh gimbal dipotong oleh sesepuh desa. Saat itulah segala permintaan anak harus dituruti kedua orangtuanya. Jika tidak dikhawatirkan rambut yang sudah dipotong akan tumbuh gimbal lagi dan si anak akan sering sakit-sakitan.

Bagi warga Wonosobo dan Temanggung ruwatan potong rambut gimbal menjadi agenda tahunan. Meski menghabiskan biaya cukup besar, tradisi ini kerap dimeriahkan dengan pementasan wayang kulit.(IAN)

One thought on “Hilangkan Sangkala, Rambut Gimbal Dipotong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s