Waspadalah Ketika Sabuk Melingkar di Bawah Perut!


Republika OnLine

Kamis, 22 Juli 2010, 08:52 WIB
inmage

Pak, Waspadalah Ketika Sabuk Sudah Melingkar di Bawah Perut!

Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Anda merasa sabuk Anda sudah bergeser tempatnya dari 10 tahun lalu? Praktisi kesehatan ternama di Amerika Serikat, Dr Mehmet Oz, menyarankan Anda untuk berhati-hati. Ketika sabuk sudah melingkar jauh di bawah perut — dengan lingkar pinggang yang sudah “memuai” — maka ini pertanda Anda harus mengatur pola makan dan giat berolah raga. “Obesitas lekat dengan aneka jenis penyakit, apalagi jika usia juga telah merambat naik,” ujar pria yang kerap menjadi tamu di Oprah Winfrey Show ini.

Menurutnya, lingkar pinggang tak boleh lebih dari setengah tinggi badan. Bila sudah di atas itu, “Bersiaplah, karena serangan jantung dan diabetes sedang mengintai Anda,” ujarnya.

Bagaimana untuk mencegah hal itu terjadi? Berikut ini delapan tips dari Dr Oz tentang pola hidup yang sehat:


1. Senyum, Tertawa, dan Bahagia

Tertawa tidak hanya mengusir stres, mempromosikan ikatan sosial, dan menurunkan tekanan darah, juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Jadi membawa kelucuan ke dalam hidup Anda, entah itu melalui teman atau bahkan sebuah acara TV baru sangat dianjurkan.

2. Jangan melewatkan sarapan

Serat di pagi hari berarti mengurangi kelaparan di  sore hari, waktu ketika Anda yang paling mungkin merasa lelah dan memerlukan gula bagi tubuh. Dr Oz mengaku biasa sarapan dengan havermut yang biasanya dicampur dengan kismis, kenari, dan minyak biji rami. Berangkat pagi-pagi dengan sarapan yang cukup juga menjaga metabolisme Anda lebih aktif sepanjang hari.

3. Jangan membiasakan diri tidur larut malam

Film di TV kabel langganan mungkin mengasyikkan,  tapi mereka tidak sebanding dengan ketegangan pada sistem Anda. Tujuh jam tidur malam tidak hanya membantu Anda hidup lebih lama, tetapi juga menurunkan stres Anda, menajamkan memori Anda, dan mengurangi hasrat untuk makan yang tak perlu. Tetapkan waktu tidur dan tepatilah. “Target saya adalah 22.30 saya dan keesokan harinya saya akan fit saat saya mengayuh sepeda stasioner,” ujarnya.


4. Ambil napas dalam-dalam

Lakukan ini di mana saja, kapan saja. Hisaplah udara melalui hidung sampai paru-paru penuh. Mereka akan mengisi dengan oksida nitrat, bahan kimia yang ditemukan di bagian belakang hidung Anda yang membuka pembuluh darah. Dosis oksigen akan membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih waspada. “Ini adalah teknik rahasia saya untuk menenangkan diri sebelum melakukan operasi serius pada pasien,” ujarnya.


5. Amati kotoran Anda

Bukan hal jorok ketika saat buang air besar selesai Anda berbalik dan melihat pada kotoran Anda, yang berbicara banyak tentang usus dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Kotoran harus halus dan berbentuk, seperti usus besar Anda. Jika keluar terlalu kental, atau bahkan seperti kelereng, artinya Anda sembelit. Anda perlu meningkatkan asupan serat dan air. “Hal ini terjadi kepada saya ketika saya bepergian, jadi saya mengonsumsi banyak serat sebelum perjalanan untuk menghindari mudah tersinggung,” ujarnya. Namun Dr Oz tak menganjurkan untuk mengonsumsi makanan serat dalam bentuk pil atau yang instan lainnya, melainkan dari makanan segar.

6. Rasakan Warna

Makanan dengan warna cerah dan kaya warna lebih dari sekedar bagus untuk dilihat. Mereka juga dikemas dengan flavonoid dan karotenoid, senyawa kuat yang mengikat radikal bebas merusak dalam tubuh, menurunkan peradangan. Segenggam buah-buahan berwarna dan sayuran setiap hari akan Anda menuai keuntungan tanpa harus menyerah makanan lain. “Setiap kali saya melihat dan memakannya, mengingatkan saya bahwa makanan tersebut sering lebih kuat daripada obat-obatan yang dijual di apotek. Favorit saya adalah arugula dan blueberry,” ujar Dr Oz.

7. Lakukan Diet yang tepat

Rahasia mengurangi berat badan tidak pada berpantang karbohidrat, lemak, makanan kuning, makanan padat, atau makanan yang dimulai dengan huruf G. Trik sebenarnya adalah dengan mengurangi asupan harian Anda sekitar 100 kalori. Pembatasan asupan kalori telah ditunjukkan untuk memperpanjang hidup pada tikus dan monyet. Dr oz mengaku  setahun sekali mengatur ulang selera makannya. “Pokoknya, agar tetap sehat walaupun setiap hari makan lezat. Makanan apa saja boleh, pada prinsipnya, asal jangan berlebihan,” jelasnya.

8. Jadilah pasien cerdas

Dokter dapat membantu Anda tetap sehat, tetapi tanggung jawab akhirnya jatuh pada Anda. Mencari pendapat kedua sebelum menjalani prosedur, karena 30 persen akan mengubah diagnosis atau rencana. Menyimpan riwayat medis yang ditulis, dan mendidik diri sendiri tentang masalah keluarga. Anda bahkan bisa mempertimbangkan untuk mendaftar ke Microsoft HealthVault sehingga file Anda diakses jika Anda menemukan kesulitan jauh dari rumah.

Red: Siwi Tri Puji B
Sumber: Men\’s Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s