Langkah Nyata Melunasi Hutang.


Setiap orang pasti pernah berhutang. Apapun alasannya, hutang wajib dibayar. Sungguh tidak mengenakkan memiliki banyak hutang. Melepaskan diri dari jeratan hutang apalagi yang sudah kronis tentu membutuhkan strategi khusus. Agar kita benar-benar terlepas dari jeratan hutang, maka kita perlu melakukan tindakan nyata.
Dalam Islam, ada cara-cara yang dapat ditempuh agar kita bisa segera terlepas dari hutang yang berkepanjangan. Bagaimana caranya? Mari kita bahas satu persatu.


Sadarilah Hutang Anda
Saat berhutang, sadarlah bahwa hutang tersebut harus segera Anda bayar sebelum ajal menjemput. Tentu hidup tidak aka tenang jika kita memiliki banyak hutang. Semakin Anda menyadari hutang Anda, Anda akan terpacu untuk segera melunasinya. Buatlah daftar hutang yang Anda miliki agar Anda bisa merencanakan untuk pelunasannya.Jangan malah pura-pura tidak tahu akan hutang Anda.
Berdoalah Kepada Allah Swt
Ada satu doa yang diajarkan Rasulullah Saw agar kita bisa cepat melunasi hutang:
“Ya Allah aku berlindung dari kesusahan dan kedukaan, dari kelemahan dan rasa malas, dari sifat pengecut dan bakhil, dari belenggu hutang dan tekanan manusia.”
Berdoalah dengan sungguh-sungguh. Nyatakan niat Anda untuk melunasi hutang dengan sungguh-sungguh memanjatkan doa kepada Allah Swt.
Tetap Bersedekah
Sedekah dapat melancarkan proses Anda untuk melunasi hutang, karena setiap harta yang Anda sedekahkan akan dibalas oleh Allah SWT dengan balasan yang lebih baik. Apalagi jika Anda sedang dalam keadaan sempit, Anda akan lebih berat mengeluarkan sedekah. Jika tidak bisa bersedekah uang, sedekahlah dengan perbuatan baik lainya dengan tenaga dan ilmu yang Anda miliki.
Jangan Bersedih
Banyak hutang bikin hati sumpek. Otak jadi susah diajak berpiki. Hidup Anda akan semakin menderita jika anda bersedih akan hutang Anda. Lebih baik, gunakan waktu Anda untuk bersemangat mencari cara agar bisa melunasi hutang-hutang Anda.
Fokus Pada Solusi
Seperti masalah-masalah lainnya, hutang brpotensi membuat kita berfokus pada masalah. Ubahlah cara berpikir Anda dari memikirkan masalah menjadi memikirkan solusi. Pikiran yang positif akan membuat pikiran Anda semakin jernih dalam menemukan cara kreatif untuk melunasi hutang.
Yakin Bisa Melunasi Hutang
Tetapkan keyakinan Anda untuk terlepas dari hutang. Sekecil atau sebesar apapun hutang Anda, keyakinan Anda harus 100%. Jika Anda tidak yakin, maka Allah tidak akan memberikan solusi kepada Anda untuk melunasi hutang.
Usaha Maksimal
Iringilah doa-doa Anda dengan usaha maksimal. Bekerjalah lebih keras agar anda bisa mencicil hutang Anda sedikit demi sedikit. Carilah sumber pendapatan tambahan seperti menjalankan usaha sampingan.
Jangan Tunda Pembayaran
Saat sudah memiliki uang, segera cicil/lunasi hutang Anda. Semakin cepat semakin baik. Jangan tunda-tunda untuk membayar hutang Anda. Dengan menyegerakan pembayaran, Insya Allah lama-lama hutang Anda akan lunas.
Semoga dengan mempraktekkan cara-cara di atas, Anda segera terbebas dari hutang dan kehidupan Anda akan menjadi semakin membaik. Insya Allah.

Klik

Website URL : http://buku.bebashutang.org/?id=kitapalangit

Email : kitapasabdolangit@gmail.com,
harga 150.000

WA 081539938989

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s