Hemat Kuota


CARA MENGHEMAT KUOTA PAKET DATA INTERNET

Ada beberapa cara yang saya gunakan untuk menghemat kuota internet, Anda bisa mencoba untuk menerapkan beberapa tips ini agar kuota Anda bisa hemat dan tidak cepat habis.

Setel Batas Data Seluler untuk Membatasi Penggunaan Data

Ini sangat penting dilakukan, kebanyakan orang termasuk saya sering tidak sadar jika kita telah menggunakan internet secara berlebihan. Dengan mengatur untuk membatasi penggunaan data, ponsel akan menonaktifkan data seluler saat mencapai batas yang Anda setel.

Batasi Data Latar Belakang

batasi data latar belakang
Android memiliki fitur untuk membatasi pemakaian di latar belakang (background) oleh aplikasi, yakni Restrict Background Data yang terletak dalam menu Setelan > Penggunaan data. Jika Anda mengaktifkan fitur ini, beberapa aplikasi dan layanan tidak akan bekerja kecuali Anda tersambung ke Wi-fi.

Aktifkan fitur Penghemat Data untuk Browsing

Opsi penghemat data chrome
Jika kamu menggunakan browser chrome, kamu bisa menghemat kuota paket data dengan mengaktifkan fitur ini melalui menu setelan chrome. Fitur ini akan mengompres data kamu hingga 50% untuk mengurangi pemakaian data di HP Android kamu.

Nonaktifkan Sinkronisasi Data Otomatis

mematikan sinkronisasi data secara otomatis
Tidak semua layanan dipakai oleh pengguna, maka dari itu, opsi sinkronisasi untuk layanan yang tidak digunakan sebaiknya dimatikan saja. Memang, aktivitas sinkronisasi ini tak memakan terlalu banyak data. Namun, mematikan sync layanan yang tidak dipakai bisa membantu menghemat pemakaian kuota secara keseluruhan.

Mengatur Perbarui Aplikasi Secara Otomatis hanya melalui Wi-fi

menonaktifkan update otomatis aplikasi android
Aplikasi yang kita download melalui Google Play Store, akan meng-update secara otomatis semua aplikasi yang terinstal di hp Anda. Update ini juga akan memakan kuota yang sangat besar, hal ini tentu saja akan membuat boros kuota. Karena itu, kamu bisa aktifkan opsi Wi-fi only. Aplikasi akan meng-update datanya hanya pada saat HP kamu terkoneksi dengan WiFi.

Matikan Data Seluler saat Ponsel tidak digunakan

Setiap ponsel terhubung dengan internet, akan menghabiskan kuota sekitar 10% sampau 20%. Maka dari itu agar kuota hemat dan tidak cepat habis, kita matikan saja data seluler saat ponsel tidak digunakan, jika perlu matikan saja, contohnya saat kita akan tidur atau saat perjalanan yang jauh.
Dengan menerapkan beberapa tips diatas, semoga bisa membantu Anda agar kuota data seluler Anda tidak cepat habis atau boros.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s